:: Untuk Muaturun MP3 Kegemaran Anda, Klik Kiri Pada Tajuk Lagu. Anda Kemudiannya Akan Dibawa Ke Halaman Untuk Memuaturun MP3 Tersebut ::

ROTI ( Remaja Otodidak Teknologi Informatika )



T
eknologi adalah ilmu dan seni membuat dan menggunakan sesuatu. Manusia, anehnya dapat mengubah bahan dari dunia alami menjadi piranti, mesin, dan sistem yang dapat mempermudah kehidupan mereka. Walaupun makhluk lain dapat pula membuat sesuatu dan menggunakan piranti, cara mereka melakukannya nyaris tidak berubah dari waktu ke waktu. Sejak tahun 1440 teknologi sudah di kenal sebagian manusia di dunia. Di tahun itu manusia pertama kali mengenal teknologi yaitu mesin cetak yang di temukan oleh Johannes Guttenberg. Pada masa itu manusia di Amerika mengandalkan mesin cetak itu untuk membuat laporan-laporan hasil kerja. Jaman pun mulai berkembang dan teknologi pun semakin maju serta bentuknya yang mulai beragam. Contohnya komputer digital, televisi, komputer mekanik, mesin jahit, mesin cuci, dan lain-lain. Teknologi tersebut dapat bermanfaat dan membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari.
          Remaja adalah anak yang berusia antara 11-20 tahun yang sedang mengalami masa pubertas dan tumbuh serta berkembang menjadi lebig dewasa dari sebelumnya, semua perasaan yang ada pada diri remaja umumnya belum stabil. Pola pemikirannya pun sudah berbeda lebih baik dari semasa kecilnya.
          Otodidak yaitu pembelajaran dari diri sendiri dan biasanya menghasilkan keuntungan dan menjadi modal awal untuk kunci kesuksesan dalam berbagai bidang. Remaja dapat beotodidak dalam segala hal bila ada niat untuk menggeluti bidang tersebut. Sudah banyak remaja yang berotodidak dan memberi pengaruh positif pada dirinya sendiri. Pengaruh positif lainnya dalam bidang teknologi dan informasi yaitu remaja yang sudah mempunyai Blog yang besifat positif dapat membuat berbagai macam karya tulis, contohnya membuat novel, puisi, cerpen dan iklan yang bisa di upload ke Blog tersebut. Kemudian remaja yang sudah biasa mengikuti ajang kontes membuat robot dan mempunyai skill membuat robot hasil otodidaknya di tingkat nasional maupun internasional dapat berwirausaha dengan bakatnya itu dengan cara memasarkan hasil rakitan robotnya sehingga memperoleh banyak penghasilan. Remaja yang bisa membuat Video Game dapat menjual hasilnya ke berbagai toko yang menjual Video Game atau mempopulerkannya sendiri melalui internet.
          Remaja yang berotodidak dalam bidang software komputer dapat juga membantu orang lain dalam memperbaiki komputer yang softwarenya rusak. Remaja seperti ini bisa di katakan sebagai remaja yang beruntung karena remaja ini dapat membuka tempat service komputer sendiri dan peluang kerjanya menjadi besar dan luas. Menekuni di bidang teknologi jika dilakukan dengan baik dan benar sebenarnya menarik dan unik. Pemupukan pengetahuan teknologi untuk remaja harus terus di kembangkan agar remaja dapat kreatif, inovativ, dan imaginatif. Keterbatasan biaya tidak menjadi penghalang remaja untuk bisa berotodidak dan mempelajari serta mengetahui lebih dalam tentang teknologi.
            Para ahli Sosiologi dan Psikologi mengatakan bahwa remaja yang berotodidak biasanya di awali oleh ketertarikan ia dalam bidang tersebut dan dapat juga di katakan sebagai hobby. Teknologi sangat menarik untuk di pelajari dan di praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi juga dapat mencerdaskan remaja. Di negara Jepang remaja yang menggemari ilmu teknologi di perkirakan mencapai 96%. Mereka mengasah bakatnya dengan mempelajari ilmu tersebut dengan otodidak dan hasilnya mereka dapat di pekerjakan di perusahaan  dalam negeri maupun luar negeri.
          Pada zaman yang modern ini, teknologi sudah sangat canggih. Berbagai macam produk berteknologi tinggi sudah banyak yang di populerkan. Biasanya remaja akan menggunakan hasil dari teknologi ini. Contohnya remaja dapat menggunakan handphone ( HP ), komputer, laptop, iPad bahkan yang lagi populer yaitu Blackberry. Remaja menggunakan alat-alat tersebut untuk kebutuhan sekolah dalam hal komunikasi dan belajar serta bergaul dengan teman-temannya yang memiliki alat teknologi itun juga. Remaja yang menggunakan alat-alat berteknologi ada juga yang bermaksud untuk mengikuti perkembangan jaman yang sudah modern ini. Tetapi ada juga remaja yang memiliki alat-alat tersebut tidak tahu cara menggunakannya karena minimnya ilmu teknologi yang ia dapat sehingga hanya sebagai tren atau ikut-ikutan masa kini. Dari mana para remaja itu memperoleh HP tersebut? Dapat di pastikan, mereka memperolehnya dari orang tua mereka masing-masing. Mayoritas para remaja, orang tuanya bekerja di luar negeri seperti Malaysia atau Singapura. Dan umumnya, para orang tua itu merasa bangga bisa memenuhi segala kebutuhan dan permintaan anaknya tanpa mereka memperhatikan dampak yang akan  timbul dari apa yang mereka para orang tua berikan pada anak. Itulah ungkapan kasih sayang orang tua yang mungkin cara penyampaiannya kurang tepat. Remaja yang awam akan teknologi atau Gaptek ( Gagap Teknologi ) sulit untuk mengikuti perkembangan teknologi. Remaja seperti ini sangat mudah untuk di tipu dan di pengaruhi.
          Remaja yang berotodidak dalam bidang teknologi tinggi akan membawa pengaruh positif dan negatif. Tetapi remaja seperti ini lebih banyak membawa pengaruh positifnya di bandingkan pengaruh negatifnya. Peran orang tua pun sangat penting dalam hal ini, orang tua harus selalu mengawasi tingkah laku remaja yang berotodidak agar tidak menimbulkan pengaruh negatif yang jumlahnya lumayan besar.
          Manfaat teknologi amat sangat banyak. Remaja harus selalu memelihara dan mengembangkan pengetahuan teknologi  agar tidak cepat hilangnya pengetahuan itu. Remaja yang berotodidak dalam bidang teknologi informatika mempunyai peran penting dan besar untuk selalu mempertahankan ilmu teknologi di dunia ini. Sebagai generasi penerus bangsa remaja harus siap menjaga dan mempertahankan ilmu tersebut. Remaja harus bisa menghilangkan sedikitnya pengaruh negatif dari perkembangan teknologi dan harus meningkatkan pengaruh positif dari berkembangnya teknologi di dunia ini.
          Pada hakikatnya, kemajuan teknologi dan pengaruhnya dalam kehidupan adalah hal yang tak dapat remaja hindari. Akan tetapi, remaja dapat melakukan tindakan yang bijaksana terhadap diri kita sendiri, keluarga dan juga masyarakat luas agar kemajuan teknologi yang semakin dahsyat ini tidak sampai menggeser jati diri remaja sebagai manusia yang memiliki norma dan juga nilai-nilai pekerti yang luhur. Bagaimanapun, sebagai anggota masyarakat, dan terutama sebagai orang tua, remaja harus melakukan suatu tindakan representative dan preventif, agar semaksimal mungkin dapat mencegah pengaruh negatif teknologi khususnya kaum remaja yang merupakan generasi emas yang akan menjadi penerus perjuangan kita membentuk bangsa yang berakhlak dan berbudaya di masa yang akan datang.


PERHATIAN : JIKA TERDAPAT LINK MUATURUN YANG GAGAL BERFUNGSI ATAU TERDAPAT MASALAH UNTUK MUATURUN MP3,KOMEN-KOMEN,SERTA CADANGAN-CADANGAN LAIN SILA NYATAKAN DALAM KOTAK KOMEN YANG TERDAPAT PADA SETIAP POST. KOTAK KOMEN TIDAK DIPAPARKAN PADA LAMAN UTAMA. KERJASAMA ANDA AMATLAH DIHARGAI.